Sifat-Sifat Bahan Kimia yang Ada di Laboratorium

Laboratorium merupakan tempat eksperimen secara kimia, fisika maupun biologi. Banyak yang dapat kita lakukan didalamnya, kita bisa menciptakan sesuatu atau mencoba membuat sesuatu yang baru ditempat tersebut menggunakan bahan kimia. Perlu kamu ketahui, jika memasuki laboratorium kita harus berhati-hati. Karena ada berbagai alat dan bahan yang ada didalamnya yang cukup berbahaya.

Terlebih lagi bahan kimia, karena ada berbagai sifat bahan kimia yang ada di laboratorium yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dengan bahan kimia yang ada didalam laboratorium. Kamu juga harus mengenali 10 Bahan kimia yang tergolong Bahan kimia pro analis dan Bahan kimia teknis. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sifat-sifat bahan kimia yang ada di laboratorium.

Sifat-sifat Bahan Kimia yang Ada di Laboratorium

Sifat Bahan Kimia yang Ada di Laboratorium

Jika kita mati lebih dalam mengenai bahan kimia, maka ada berbagai macam sifat bahan kimia yang ada di laboratorium. Sifat-sifat ini merupakan perubahan yang dapat kita lihat dari benda yang membentuk zat yang baru.

Dapat dikatakan, sifat kimia merupakan ciri-ciri dari sebuah zat yang berhubungan langsung dengan terbentuknya zat jenis baru. Berikut sifat-sifat bahan kimia yang ada dilaboratorium.

1. Mudah Terbakar

Salah satu sifat kimia yang paling umum adalah mudah terbakar. Apabila kita mengetahui sifat dari bahan kimia yang mudah terbakar, maka kita dapat memperlakukan bahan tersebut secara khusus agar aman untuk digunakan. Adapun sifat bahan kimia yang mudah terbakar yaitu seperti bensin dan kertas. Jika kita memancarkan api pada bensin, maka secara spontan api akan semakin membesar. Sedangkan jika kita memancarkan api kepada kertas, maka bahan kertas tersebut akan mudah terbakar dan menjadi abu.

2. Membusuk

Sifat-sifat bahan kimia yang ada di laboratorium lainnya yaitu dapat membusuk. Sifat ini diakibatkan karena adanya reaksi kimia. Kamu dapat melihatnya pada makanan maupun minuman. Karena dapat terjadi reaksi kimia yang menyebabkan makanan serta minuman tersebut berubah rasa menjadi asam dan membusuk. Pembusukan tersebut juga diakibatkan dari adanya mikroorganisme yang berbentuk jamur, bakteri maupun ragi.

3. Mudah Meledak

Sifat-sifat bahan kimia yang ada di laboratorium lainnya yaitu mudah meledak. Sifat ini dikarenakan adanya interaksi zat dengan oksigen yang ada di alam. Adapun contoh dari zat yang mudah meledak yaitu seperti natrium, magnesium dan hidrogen.

Ledakan itu sendiri merupakan peningkatan pada volume dan pengeluaran energi yang dapat berbahaya, umumnya pengeluaran suhu tinggi dan penghasilan gas. Sifat ini dapat terjadi secara alami maupun buatan. Kita dapat melihat ledakan alami dari terjadinya letusan gunung merapi dan contoh ledakan secara buatan dari adanya ledakan bom.

4. Berkarat

Sifat ini biasa kita lihat pada besi. Berkarat biasa disebut juga dengan korosi, adapun penyebabnya yaitu reaksi antara logam dengan oksigen yang ada pada sebuah benda. Benda yang berkarat dikarenakan adanya reaksi yang kemudian menghasilkan zat jenis baru. Korosi atau karat juga merupakan hasil dari reaksi oksidasi pada sebuah logam.

Besi yang mengalami karat akan membentuk rumus Fe2O3.xH2O. Dapat dikatakan kososi merupakan proses pengaratan yang melalui proses elektro kimia. Adapun benda yang sangat mudah berkarat yaitu seperti seng dan besi. Sedangkan benda yang tidak mudah berkarat yaitu seperti kaca, plastik dan kayu.

5. Beracun

Bahan kimia yang memiliki sifat beracun sering kita temui dikehidupan sehari-hari, yaitu seperti pestisida, herbisida, insektisida dan lain sebagainya. Zat yang beracun ini biasanya dimanfaatkan manusia untuk membasmi hama seperti serangga maupun tikus. Walaupun digunakan untuk membasmi hama, namun manusia tidak boleh secara asal-asalan memperlakukan bahan tersebut.

Karena zat-zat racun pada bahan kimia tersbeut bisa masuk melalui kulit maupun pernapasan dan kemudian dapat beredar ke seluruh tubuh maupun organ yang ada pada tubuh. Dengan begitu, manusia dapat mengalami keracunan.

Demikian sifat-sifat bahan kimia yang ada di laboratorium yang perlu kamu ketahui. Dengan adanya informasi diatas, kamu dapat lebih hati-hati ketika memperlakukan bahan kimia yang ada di laboratorium. Jika kamu ingin membeli bahan kimia, maka kamu dapat mengunjungi dan menghubungi toko bahan kimia PT Mitra Kharisma Perkasa pada laman berikut.