Ciri-Ciri Filter Air Rusak

Filter air merupakan salah satu alat yang wajib kita perhatikan. Karena filter air  adalah alat yang paling sering kita gunakan. Sama seperti barang yang lainnya, jika kita menggunakannya terlalu sering, pasti suatu saat akan mengalami perubahan dan kerusakan. Inilah yang ditakutkan apabila ciri-ciri filter air rusak sudah mulai timbul.

Jangan sampai filter air tersebut menghambat keseharian kita seperti menyuci pakaian, mencuci piring, mengepel dan lain sebagainya. Jika filter air mengalami kerusakan, kita tidak bisa beraktivitas karena danya keterbatasan. Untuk itu, sebagai pengguna filter air, kita harus mengenal ciri-ciri filter air rusak.

Jika suatu saat filter air menunjukkan gejala akan rusak, maka kita dapat mengatasinya. Terlebih lagi filter air pasti akan menggunakan media atau bahan filter air. Jenis media filter air apa saja yang sering digunakan masyarakat? Media filter ini dapat membantu kita menjernihkan air. Adapun media filter air yaitu seperti pasir silika, karbon aktif dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Filter Air Rusak

Ciri-Ciri Filter Air Rusak

Untuk menjaga filter air dapat bekerja dengan lancar, kita harus rajin untuk memperhatikannya. Terlebih lagi jika filter air tersebut sudah digunakan dalam waktu yang lama. Untuk mencegah terjadinya kerusakan parah, sebaiknya kamu mengenali ciri-ciri filter air rusak.

Jika filter air sudah menunjukkan ciri-ciri tersebut, maka sebaiknya kamu melakukan service dan memperbaiki sedikit demi sedikit. Hal ini dilakukan agar filter air dapat bertahan lama saat digunakan. Berikut beberapa ciri-ciri filter air rusak.

1. Air yang Keluar Volumenya Sedikit

Satu ciri-ciri filter air rusak yang paling sering terjadi, yaitu air yang keluar volumenya sedikit atau berkurang. Biasanya jika kamu baru memasang filter air, pasti air yang keluar dari kran akan sangat lancar dan volumenya banyak. Nah, seiring berjalannya waktu volume air tersebut berkurang.

Hal ini perlu kamu curigai, karena bisa jadi hal tersebut merrpakan ciri-ciri filter air rusak. Volume air yang berkurang tersebut bisa diakibatkan karena air baku yang tidak lancar atau tersumbatnya filter air dikarenakan tekanan air baku yang tidak begitu kencang.

Solusinya adalah kamu harus membersihkan filter air dan memeriksanya kembali apakah filter air tersebut memang benar tersumbat atau tidak.

2. Air Mampet

Pernahkah kamu merasa air sulit keluar dari kran? Hal ini bisa sebabkan karena membran filter air yang mengalami mampet. Salah satu alasan paling sering terjadi dari filter air yang mampet atau tidak lancar yaitu karena adanya zat kapur dan berbagai zat lain yang bisa mengakibatkan kemampetan. Atau biasa disebut dengan scaling atau fouling.

Oleh karena itu, sebagai solusinya, sebaiknya membran filter air yang terpasang di rumah kamu harus lebih sering dilakukan pencucian secara teratur. Selain untuk mencegah filter air yang mampet, cara ini juga mampu membersihkan filter air dari kontaminan yang tidak sengaja terbawa air.

3. Cepat Buntu

Ciri-ciri filter air rusak lainnya adalah cepat buntu. Selain kedua hal diatas, ciri cepat buntu pada filter air juga sering menghantui para pengguna filter air. Hal ini umumnya terjadi karena kualitas air baku yang kian rendah dan membuat kerja dari membran filter air semakin berat.

Dengan begitu dapat menyebabkan kebuntuan pada membran filter air tersebut. Solusi yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memperhatikan bagaimana kualitas dari air tersebut. Mulai dari TDS, tingkat kekeruhan, zat kapur maupun besi. Apabila kualitas air tersebut rendah, maka sebaiknya kamu memperbanyak penyaringan filter cartridge, resin softener maupun media filter yang lainnya sebelum air masuk ke dalam unit filter air kamu.

Kamu bisa membeli media filter melalui distributor media filter air. Adapun distributor filter air yang terpercaya adalah PT Mitra Kharisma Perkasa. Perusahaan tersebut sudah menyediakan segala kebutuhan filter air secara lengkap.