Bahan Kimia yang Tergolong Bahan kimia Pro Analis dan Bahan Kimia Teknis

Bahan kimia merupakan zat yang biasa digunakan untuk menciptakan suatu produk atau riset. Biasanya kita sering menemui bahan kimia di laboratorium. Tahukah kamu ada dua jenis bahan kimia yang wajib kita ketahui? Kedua jenis bahan kimia tersebut adalah bahan kimia pro analis dan bahan kimia teknis.

Bahan kimia pro analis merupakan bahan kimia yang mempunyai tingkat kemurnian yang sangat tinggi, yakni 99,95%. Umumnya bahan kimia ini digunakan untuk kebutuhan laboratorium. Bahan kimia Pro analis ini sudah dianalisa serta diteliti kadar atau konsentrasinya dengan cara kuantitatif dalam laboratorium.

Sedangkan bahan kimia teknis adalah merupakan bahan kimia yang tingkat kemurniannya tidak setinggi bahan kimia pro analis. Bahan kimia ini umumnya digunakan pada proses produksi. Bahan kimia teknis juga memiliki sifat reaktif pada asam dan basa, dengan begitu pengujian pH sangat penting dilakukan.

10 Bahan kimia yang Tergolong Bahan kimia Pro Analis dan Bahan Kimia Teknis

Bahan kimia pro analis dan bahan kimia teknis sangat erat kaitannya dengan laboratorium. Seperti yang kamu ketahui, sifat bahan kimia ada berbagai macam. Oleh karena itu, kamu harus memperlakukannya sesuai dengan tingkatan sifat bahan kimia tersebut.

Berikut ini adalah 10 Bahan kimia yang tergolong Bahan kimia pro analis dan Bahan kimia teknis. Kamu bisa mendapatkannya di toko bahan kimia yang tersedia disekitar rumah kamu.

1. Kalium Kromat (K2cro4)

Bahan kimia satu ini merupakan senyawa anorganik yang dirumuskan dengan K2CRO4. Kalium Kromat diidentikkan dengan warna kuning. Bahan kimia ini merupakan garam kalium yang berasal dari anion kromat. Kalium kromat juga merupakan bahan kimia yang biasa digunakan pada laboratorium.

2. Natrium Hidroksida (NaOH)

Natrium Hidroksida yang dirumuskan dengan NaOH merupakan bahan paling dasar yang digunakan pada industri. 56% zat Natrium Hidroksida yang dihasilkan dimanfaatkan untuk kegiatan industri, sedangkan 25% lainnya digunakan untuk industri kertas. Bahan kimia satu ini juga secara aktif digunakan untuk membuat garam natrium, sintesis organik, deterjen dan lain sebagainya.

3. Oxalic Acid

Keunggulan utama dari oxalic acid adalah untuk membersihkan kerak yang ada di dalam kamar mandi. Bahan kimia satu ini juga sering digunakan untuk zat bleaching, salah satunya yaitu untuk menghilangkan karat.

4. Benzoid Acid

Benzoid Acid atau biasa disebut dengan asam benzoat mempunyai sifat antiseptik bakteriostatik yang bisa menghambat pertumbuhan jamur maupun bakteri. Oleh karena itu, bahan kimia satu ini sering digunakan sebagai pengawet makanan.

5. Phenolphthalein

Fenolftalein merupakan pewarna yang berfungsi sebagai indikator pH.

6. Amonium Chloride

Amonium klorida merupakan bahan yang dimanfaatkan pada kandungan obat batuk. Bahan kimia satu ini menjadi bahan campuran pada obat batuk karena mempunyai efek ekspektoran. Dengan begitu, dahan akan lebih cepat encer dan keluar.

7. Borax

Borax merupakan bahan kimia yang bersifat mengembang, membunuh mikroba dan memberikan efek kenyal. Bahankimia satu ini biasa digunakan untuk bahan membuat bakso, bihun, mie dan lain sebagainya.

8. Acetic Acid

Asam asetat merupakan obat yang dapat mengatasi permasalahan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur. Bahan kimia satu ini juga termasuk kedalam golongan obat antibiotik yang dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang diakibatkan oleh radang.

9. Calcium Carbonate

Bahan kimia satu ini dapat menjadi obat yang mampu mengatasi gejala asam lambung yang berlebihan, contohnya yaitu seperti nyeli pada area ulu hati.

10. Formic Acid

Formic acid atau lebih dikenal dengan asam formiat merupakan bahan pengawet yang anti bakteri. Bahan ini biasa digunakan untuk industri pertanian.

Demikian penjelasan 10 Bahan kimia yang tergolong Bahan kimia pro analis dan Bahan kimia teknis. Dengan penjelasan diatas, kamu sudah mengetahui Bahan kimia yang tergolong Bahan kimia pro analis dan Bahan kimia teknis.

Apabila kamu ingin membeli bahan kimia tersebut, kamu dapat mencarinya di PT Mitra kharisma Perkasa. Karena pada perusahaan tersebut sudah menyediakan berbagai bahan kimia secara lengkap yang bisa kamu beli.