Alat Laboratorium yang Terbuat dari Besi

Alat laboratorium merupakan media yang sangat penting ketika sedang mengembangkan eksperimen maupun riset. Karena jika tanpanya kita tidak bisa melakukan apa-apa. Karena untuk meletakkan zat-zat kimia tidak bisa sembarangan, kita harus memperlakukannya sesuai dengan sifat bahan kimia tersebut. Seperti yang kamu ketahui, beberapa bahan kimia ada yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Oleh karena itu, peranan alat laboratorium sangat penting ketika menjalankan eksperimen maupun riset. Kamu dapat mempelajari alat laboratorium dan fungsinya sebelum melakukan riset. Dan jika sudah mengenal alat laboratorium dan fungsinya, maka selanjutnya kamu dapat membeli alat laboratorium tersebut melalui distributor alat laboratorium.

Kamu dapat memesan dan membeli alat laboratorium melalui PT Mitra Kharisma Perkasa. Karena disana sudah menyediakan berbagai alat laboratorium secara lengkap. Sehingga kamu hanya perlu memilih dan membelinya saja. Untuk alat laboratorium, terdapat alat laboratorium yang terbuat dari besi. Berikut alat laboratorium yang terbuat dari besi.

Alat Laboratorium yang Terbuat dari Besi

Alat Laboratorium yang Terbuat dari Besi

Tidak semua alat laboratorium yang terbuat dari besi. Karena biasanya beberapa ada yang terbuat dari bahan kaca maupun plastik. Contohnya saja seperti gelas atau tabung reaksi. Jika terbuat dari besi, kita tidak bisa melihat hasil pencampuran dari zat kimia yang sudah kita racik sebelumnya.

Biasanya alat laboratorium yang terbuat dari besi digunakan untuk menjepit, mengangkat alat laboratorium lainnya. Berikut beberapa alat laboratorium yang terbuat dari besi.

1. Tripod (Kaki Tiga)

Alat laboratorium yang terbuat dari besi pertama yaitu tripod atau kaki tiga. Alat ini berbahan material besi yang dapat kita gunakan untuk meletakkan benda yang nantinya akan dipanaskan pada lampu bunsen.

2. Pinset

Alat ini merupakan alat yang dapat membantu menggenggam maupun menjepit sebuah objek yang kecil atau lainnya yang tidak bisa kita pegang menggunakan tangan kita secara langsung. Selain itu, alat ini juga dimanfaatkan untuk menarik maupun mengambil berbagai objek yang terlalu kecil maupun yang sangat lembut.

Seperti pada pinset pada umumnya, pinset laboratorium mempunyai 2 bilah yang bentuknya seperti paruh burung. Setiap satu ujungnya terhubung, sedangkan ujung lainnya terpisah  , kita dapat menggerakkannya dengan bebas.

3. Spatula

Spatula merupakan alat laboratorium yang berfungsi untuk mengambil zat kimia yang berbentuk padat atau serbuk yang nantinya akan ditimbang. Pada saat mengambil bahan kimia tersebut harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Sebab bahan kimia tersebut ditimbang menggunakan neraca analitik yang sifatnya sangat teliti.

4. Kawat Kasa

Alat satu ini berbahan dasar asbes dan kawat. Kawat kasa ini merupakan lembaran logal yang tipis dan mempunyai bentuk layaknya jaring. Alat ini nantinya akan diletakkan pada cincin penyangga yang kemudian dipasang dalam dudukan retort, di mana antara pembakar untuk dapat menopang gelas kimia maupun alat lab lainnya yang kita gunakan pada saat pemanasan.

5. Statif

Statif merupakan alat laboratorium yang terbuat dari besi atau baja. Adapun fungsi dari alat ini yaitu untuk menyangga corong pisah, buret maupun alat lainnya. Dengan statif, kamu tidak perlu untuk memegang alat laboratorium tersebut lagi.

Demikian penjelasan lengkap mengenai alat laboratorium yang terbuat dari besi. Kamu dapat menggunakan alat-alat diatas untuk keperluan riset maupun eksperimen di laboratorium. Jika kamu ingin membeli alat laboratorium dan bahan kimia, maka kamu dapat mengunjungi laman PT Mitra Kharisma Perkasa. Karena disana sudah menyediakan berbagai macam alat yang kamu butuhkan secara lengkap.